DIKLAT PEMAHAMAN DAN PENGETAHUAN PERKOPERASIAN

dinkop.ngawikab.go.id. Ngawi, Senin 20 November 2023.POAC ( Planning, Organizing, Actuating, Controlling)  Istilah asing yang populer tapi perlu pemahaman yang mendalam, hal itu yang di sampaikan oleh motivator dari LDP Koperasi Kusuma Utama Semarang, Masykur, S.E.,M.M, Akt. Serta patner Wawan Apriyanto, S.E  dihadapan 50 Peserta dari Koperasi Syariah Wanita. Maskur menerangkan masing-masing istilah tersebut

Planning (perencanaan) adalah suatu proses menentukan apa yang ingin dicapai pada masa yang akan datang serta menetapkan tahapan-tahapan yang dibutuhkan untuk mencapainya.

Organizing (management) adalah proses dalam memastikan kebutuhan manusia dan fisik setiap sumber daya tersedia untuk menjalankan rencana dan mencapai tujuan yang berhubungan dengan organisasi.

Actuating (Penggerakan) adalah suatu tindakan yang mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi.

Controlling (pengawasan) adalah proses kegiatan pemantauan untuk memastikan bahwa hal yang dipantau tercapai sesuai rencana dan mengoreksi penyimpangan yang signifikan.

Sebagaimana Tupoksi dari Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Ngawi yang menjadi pembina pergerakan Koperasi dengan melaksanakan kegiatan diklat pada hari Senin s.d Rabu (20-22 November 2023). Selama 3 hari peserta diberikan pelatihan dan motivasi agar bisa meningkatkan usahanya, Kegiatan yang terlaksana di Notosuman Convention Hall. Telah dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Harsoyo, S.E.,M.Si. Beliau menekankan pelaku usaha agar terus berupaya mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh karena sangat diperlukan untuk bekal agar terampil dalam mengelola usahanya, karena semakin banyaknya kompetitor yang aktif dan dinamis yang dampaknya meningkatkan persaingan usaha.

Diakhir sesi peserta Diharapkan pelatihan ini mampu meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang manfaat Koperasi. Kedepan mampu memberikan dampak positif bagi gerakan Koperasi agar berkembang maju serta dapat menyediakan layanan yang sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan anggota.naning