OPTIMALISASI PENYUSUNAN SISTEM ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN YANG AKUNTABEL DAN HUMANIS (SI KUMIS)

dinkop.ngawikab.go.id. Ngawi, Minggu 3  Desember 2023. Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menegah Kabupaten Ngawi menerapkan administrasi kepegawaian yang mampu memberkan pelayanan secara optimal kepada pegawai melalui aksi perubahan yang dilaksanakan Kasubag. Umum Wadhis Swiriyanti, S.E., M.M. Aksi perubahan ini mendapat dukungan penuh dari Bapak Harsoyo, S.E., M.Si, selaku Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Ngawi dan Bapak Agus DwiNarimo, S.E., M.M, selaku mentor

Area aksi perubahan ini adalah pada akuntabilitas (mendorong birokrasi lebih berkinerja dan mampu mempertanggungjawabkan kinerjanya), tata laksana (pada system tatalaksana sangat diperlukan dalam rangka mendorong efisiensi penyelenggaraan dan pelayanan, sekaligus juga untuk mengubah mental aparatur) dan Pelayanan Publik (system manajemen pelayanan masyarakat agar mampu mendorong perubahan profesionalisme para penyedia pelayanan serta peningkatan kualitas pelayanan).

Fokus Aksi Perubahan yang ditetapkan adalah melaksanakan Penyusunan Sistem Administrasi Kepegawaian Yang Akuntabel dan Humanis (Si Kumis) di Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Ngawi. Peningkatan kualitas pelayanan administrasi kepegawaian merupakan isu strategis yang perlu diterapkan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Ngawi. Berbagai masalah pelayanan administrasi kepegawaian perlu mendapat tindaklanjut dengan memanfaatkan teknolongi informasi. Hal ini membuat aksi perubahan dengan melaksanakan Penyusunan Sistem Administrasi Kepegawaian Yang Akuntabel dan Humanis (Si Kumis) merupakan langkah nyata yang sangat dibutuhkan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Ngawi saat ini.

Beberapa manfaat yang dapat dicapai melalui implementasi aksi perubahan Optimalisasi Penyusunan Sistem Administrasi Kepegawaian yang Akuntabel dan Humanis  (Si Kumis) di Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Ngawi ini adalah:

  1. Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Ngawi dapat mewujudkan                e-government melalui Optimalisasi Penyusunan Sistem Administrasi Kepegawaian yang Akuntabel dan Humanis (Si Kumis).
  2. Peningkatan kualitas pelayanan administrasi kepegawaian di Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Ngawi sehingga memotivasi pegawai untuk bekerja lebih optimal.
  3. Mempermudah koordinasi dengan Badan Kepegawaian Pendidikandan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Ngawi dalam memberikan pelayanan administrasi kepegawaian.
  4. Pelayanan kepada masyarakat di bidang koperasi, Usaha kecil dan Menengah dapat semakin ditingkatkan karena pegawai semakin termotivasi dalam bekerja setelah haknya terpenuhi.Wadhis